Pernah menemukan file PDF yang berukuran sangat kecil, padahal terdapat banyak sekali gambar di dalam PDF tersebut ? Jika iya berarti Anda telah mendownload PDF yang telah dikompres atau diperkecil ukurannya dengan software.

Dan di artikel ini saya akan membahasa bagaimana cara memperkecil ukuran file PDF agar menjadi lebih kecil bahkan mungkin bisa diperkecil hingga 200% dari ukuran file PDF yang asli.

Oke jika tertarik, silahkan Anda persiapkan terlebih dahulu file PDF yang akan perkecil ukurannya dan juga 1 software yang akan kita gunakan untuk memperkecil file PDF tersebut :


  • 1 File PDF (file pdf yang akan diperkecil)
  • 1 WinRar Archiver (software untuk memperkecil ukuran file PDF)

Oke jika file dan software diatas sudah Anda persiapkan maka kini saatnya jika masuk ke pembahasan utama yaitu cara memperkecil File PDF.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF dengan Software

  1. Advance Download Manager

    Advance Download Manager adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengkompres atau memperkecil ukuran file yang berformat PDF. Tentu timbul pertanyaan di pikiran sobat untuk apa memperkecil file PDF? Secara umum saat ini hampir semua orang telah menggunakan media internet untuk melakukan berbagai macam aktivitas, ada yang hanya sekedar menghabiskan waktu untuk sekedar chating, ada yang berbisnis atau memanfaatkan media Internet dalam hal perekrutan karyawan pada perusahaannya. 
    Zaman yang serba modern seperti saat ini bukanlah hal sulit untuk merekrut karyawan secara online (memanfaatkan jaringan internet). Anda mungkin pernah mendengar sebuah perusahan atau instansi tertentu yang mensyaratkan kepada calon karyawannya untuk mendaftarkan diri melalui email yang telah ditentukan perusahaan/instansi tertentu. Kemudian juga mengharuskan untuk mengirimkan berkas administrasi lamaran melalui email yang terkadang disyaratkan dengan berbagai macam ketentuan. Misalnya, file lamaran harus berformat PDF, file haruslah berukuran maksimal 100 kb dan sebagainya. Nah, disinilah arti dari aplikasi yang tidak terlalu penting ini. Hehe
    Penjelasannya sudah cukup panjang, semoga aja kagak paham dech!! hahaha
    toh gak penting pun kan?? wkwkwk. Bagi yang menganggapnya penting, saya bagikan link downloadnya kepada sobat. Sedoot Sob,,,,

     

    Nah,,,sekarang bagaimana cara mengecilkan PDF dengan Advance PDF Compressor ini? Berikut caranya:
    •   Setelah anda selesai mendownload aplikasi Advance PDF Compressor tadi, kemudian      Install.
    •   Cara pertama klik menu Open document Pdf yang admin bulatkan paling atas

    • Dan pada menu General Compression Options 
    • Pada Menu Color : ada pilihan file hitam putih atau warna tinggal sobat tentukan sesuai keinginan sobat saja
    •  Kemudian pilih Resolution dan pilih Default/Original
    • Setelah itu klik tombol Compress dan tunggu sampai proses selesai
    • Ketika proses selesai, aplikasi akan meminta tempat menyimpan file baru dan kemudian Save
    •   Coba lihat hasilnya dengan cara klik kanan di file yang baru kita compres tadi, dan pilih Properties. Sangat berbeda ukuran filenya dibanding dengan yang aslinya bukan??

    2. Software WinRar
    Disini saya anggap Anda sudah memiliki softwarenya, karena memang pada dasarnya software WinRar ini sudah satu paket saat Anda menginstall Sistem Operasi. Baik, jika semua alat dan bahan sudah tersedia, mari kita praktek.

    • Pilih mana file PDF yang akan di Compress
    Silahkan terlebih dahulu Anda pilih mana file PDF yang ingin dicompress (diperkecil), sebagai contoh disini saya akan memperkecil ukuran file PDF yang berukuran 21.8 MB.

    • Klik kanan > Send to > Compressed

    Klik kanan pada file PDF tersebut, lalu klik Send To dan terakhir pilih Compressed (zipped) Folder. Tunggu hingga prosesnya selesai, tidak lama mungkin hanya butuh waktu 1 - 10 detik saja.

    • Lihat ukuran file hasil Compress.an



    Caranya sama dengan langkah pertama yaitu dengan mengklik kanan file PDF yang sudah tadi compress tadi lalu pilih Property.
    Dari sini terlihat jelas perbedaan dari kedua file tersebut bukan ? dimana file PDF asli memiliki ukuran adalah 21.8 MB dan setelah diperkecil menggunakan software WinRar ukurannya mengecil menjadi 18.3 MB. 

    Cara Memperkecil Ukuran File PDF dengan Tool Online


    Cara lain untuk memperkecil ukuran file PDF adalah dengan memanfaatkan tool online dari SmallPDF. Berbeda dengan cara pertama, dimana jika kita menggunakan SmallPDF untuk mengcompress file maka kita tidak akan mengubah ekstensi dari file PDF menjadi ZIP, seperti cara yang pertama tadi. Jika tertarik silahkan ikuti panduannya berikut ini.

    1. Silahkan Anda kunjungi http://smallpdf.com/compress-pdf



    Bisa dilihat pada Menu, bahwa situs ini selain bisa untuk mengcompress file PDF jug bisa untuk Merge PDF / Split PDF. Jadi tidak terbatas untuk memperkecil ukuran file PDF saja.
    2. Klik choose file  

    3. Klik tombol Choose file, lalu silahkan Anda pilih file PDF yang akan Anda compress.
    Tunggu hingga proses upload selesai 

    Proses upload ini bisa sangat lama sekali tergantung dari besar ukuran file PDF, untuk file yang berukuran 1 - 5 MB mungkin hanya butuh waktu kurang dari menit, jika lebih dari itu bisa 3 - 5 menit (tergantung koneksi juga).

    4. Download file PDF yang sudah dicompress
    Terlihat jelas bukan perbedaanya ? dari 1, 2 MB menjadi 900 KB saja. Untuk mendownload file PDF hasil compress tersebut, silahkan Anda klik 'Download File Now'.
    Diatas saya sudah memberikan informasi 2 Cara Memperkecil Ukuran File PDF, baik yang menggunakan tool ofline (software) maupun tool online (smallpdf). Agar ukuran file PDF tersebut semakin kecil, maka kita bisa menggabungkan kedua cara memperkecil ukuran file PDF diatas atau istilah kerennya Fusion.

    Jadi pertama kita perkecil dulu file PDFnya menggunakan SmallPDF setelah itu baru kita compress dengan menggunakan WinRar Archiver, maka akan didapat file PDF yang mempunyai ukuran 50% lebih kecil dibanding file PDF yang asli.

Post a Comment

 
Top