Beberapa saat yang lalau Samsung telah mengumumkan, pihaknya akan memulai produksi massal chip menggunakan generasi kedua dari 14 nanometer-nya. Produksi massal kali ini akan menggunakan teknologi itu serta akan memperkuat chipset Exynos 8 Octa milik Samsung dan chipset milik rivalnya, Qualcomm.


Seperti dilaporkan The Verge, Jumat (15/1/2016), chipset Snapdragon 820 akan diproduksi Samsung menggunakan proses 14nm LPP dan sepertinya chipset ini akan disematkan untuk beberapa perangkat flagship dari berbagai vendor yang tersedia pada kuartal pertama 2016. Sementara, Chipset Exynos 8 Octa kemungkinan hanya dipakai sendiri oleh Samsung.

Informasi ini muncul setelah tantangan yang dihadapi Qualcomm pada 2015, di mana chipset Snapdragon 810 menuai isu overheat yang berdampak pada performa yang kurang baik di perangkat Android. Mengetahui hal itu, Samsung beralih dan menggunakan chipset kembangan mereka sendiri pada smartphone jajaran flagship di 2015.

Untuk memenuhi permintaan dari para vendor smartphone lain, Qualcomm harus menggunakan fasilitas Samsung untuk memproduksi massal chipset terbarunya. Selain Qualcomm, Samsung juga diketahui telah memproduksi chipset untuk perangkat milik Apple yang disematkan pada perangkat iPhone selama beberapa generasi. Namun rumor terakhir menyebutkan bahwa Apple telah mengalihkan produksi chipsetnya ke TSMC

Seperti diberitakan sebelumnya, Samsung Galaxy S7, smartphone flagship perusahaan terbaru dirumorkan akan menggunakan Snapdragon 820. Galaxy S7 dirumorkan akan keluar dengan dua versi, Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge

Post a Comment

 
Top