Seiring Perkembangan jaman yang kian maju dan berkembang dari masa ke masa salah satunya perkembangan di dunia maya atau internet, banyak sekali umat manusia yang mencari informasi melalui internet salah satunya adalah informasi lowongan kerja, bahkan di sebagian wilayah di indonesia banyak perusahaan yang melakukan perekrutan karyawan baru melalui internet dengan menggunakanemail atau Surat elektronik, sahabat pencari kerja di artikel ini saya tidak akan membahas tentang pengertian email, namun saya akan memberikan sedikit pengalaman yang saya miliki tentang Panduan Cara mengirim lamaran kerja Melalui Email/Via Email kawan pencari kerja. Baca Juga "Cara Kirim Email Lamaran Kerja Via HP"

Mudah - mudahan dapat membatu sahabat pencari kerja yang sedang membutuhkan informasi tentang cara mengirim email lowongan kerja lewat email, dan di bawah ini adalah langkah - langkah yang harus di ikuti sahabat pencari kerja tahap demi tahap.

Untuk dapat mengirim lamaran via email langkah pertama tentunya sahabat pencari kerja harus memiliki email, jika sahabat pencari kerja tidak memiliki email silakan mendaftar di situs - situs penyedia email dengan fasilitas free/gratis agar dapat mengirit pengeluaran dana, daftarnya lewat emai gratis saja kawan pencari kerja . hehe

Sahabat pencari kerja bisa mendaftar di layanan email gratis di bawah ini adalah daftar email gratis dan silakan mendaftar di salah satu situs layanan email untuk keperluan melamar kerja:
  1. Gmail mail.google.com
  2. Yahoo!Mail mail.yahoo.com
  3. Outlook.com / MSN/ Hotmail www.outlook.com
  4. AOL Mail / AIMMail mail.aol.com
  5. Mail.com www.mail.com
  6. GMX.Mail www.gmx.com
  7. Nokia Mail https://www.nokiamail.com
  8. iCloud www.icloud.com 
  9. INBOX.COM www.inbox.com
  10. Zoho Mail www.zoho.com/mail. 
  11. FastMail https://www.fastmail.fm
  12. Opera Mail 
  13. TelkomNet Mail mail.telkom.net
  14. Plasa.Com www.plasa.com
 Jika sudah memiliki email langkah selanjutnya adalah menyiapkan berkas - berkas lamaran kerja sahabat, untuk berkas lamaran kerja sahabat pencari kerja harus menscannya terlebih dahulu kawan, cari aja tempat Poto Copy terus minta sama penjaga Poto copy untuk di scan berkas lamaran yang di perlukan, dan untuk mempermudah di kemudian hari jika sahabat pencari kerja ingin melamar kerja lewat email, mintalah agar berkas berkas yang sudah di scan di kirimkan ke Micro SD/memory Card, buat kebutuhan nanti lumayan kan ngirit biaya kawan. heheheh

Dan di Bawah ini Adalah Berkas Berkas yang harus di Scan Untuk Melamar Kerja Via Email diantara lainnya adalah sebagai berikut: Baca Juga "Cara Scan Lamaran Kerja Di Hp Android"
- Pas foto
- KTP
- NPWP

- Surat Kuning
- SKCK
- Ijazah
- Transkrip nilai
- KK


sampai disini apakah berkas berkasnya udah di siapkan dan di scan sahabat pencari kerja, kalo belum admin tungguin deh, sembari nunggu sahabat pencari kerja yang lagi scan berkas - berkas lamaran kerja, admin mau tidur dulu ahhh.... hahahahah cuma bercanda kawan

Baikah Langkah Selanjutnya..... eh sebentar biasanya berkas berkas yang sudah di scan itu ukuran berkasnya pasti gede - gede sahabat, kalo kegedean ntar yang ada tim IT yang dikhususkan untuk merekrut pelamaran malah enggan untuk mengunduh berkas lamaran dan melihat lamaran kita yang sudah susah payah sahabat buat, maka dari itu sahabat pencari kerja harus mengcompress Gambar atau menecilkan ukuran gambar yang tadi di scan kawan.

Oke Sekarang Kita lanjut ke tahap pembuatan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup atau CV, Untuk Kedua Berkas Ini Sahabat pencari kerja Bisa langsung Melihatnya pada tautan dibawah ini:
jika semua berkas sudah tersedia semua langkah akhir ialah mengirim berkas lamaran kerja melalui email, pertama sahabat pencari kerja masuk ke website layanan emai yang sudah admin jelaskan di atas, namun kali ini admin tidak akan menjelaskan cara penggunaan mengirim email di tiap - tiap situs layanan email gratis, karena pada umumnya semua web email cara pengerjaan untuk mengirimkan email itu sama kawan kasihinfo88.blogspot.com, kali ini admin akan menggunakan layanan email dari Yahoo Mail

buka website mail.yahoo.com kemudian login masukan nama sahabat dan kata sandi di kolom yang sudah di sediakan:


Jika Sudah Masuk Kemudian Klik Tulis Email seperti contoh gambar di bawah ini



Tulis Alamat email perusahaan di mana kawan pencari kerja akan melamar ke perusahaan yang merekrut pelamar kerja melalui email kurang lebih contohnya seperti gambar dibawah ini

Jika Dirasa Semua sudah sesuai dengan petunjukselanjutnya kita upload berkas lamaran yang tadi yang sudah di persiapkan, caranya sobat klik gambar yang seperti logo dibawah ini perhatikan pada tanda yang di lingkari warna merah pada gambar dibawah ini:



Nanti akan muncul tab baru dan cari berkas yang tadi di simpan pada komputer kawan pencari kerja, contoh seperti gambar di bawah ini:
Klik CTR +A atau Tahan Dan klik CTR kemudian klik satu persatu berkas yang akan di kirimkan, kemudian klik Open, lalu tunggu sampai proses pengunggahan file selesai kemudian klik Kirim

Demikianlah kawan pencari kerja mengenai tentang turorial lengkap cara mengirim lamaran kerja Via Email, jika ada kesalahan kata dalam penyampaian mengenai tips tips mengirim lamaran kerja via email, saya selaku admin pencari kerja meminta maaf dan mohon agar memakluminya, sekian dan terimakasih dan semoga bermanfaat bagi sahabat pencari kerja yang membutuhkan.

Post a Comment

 
Top